:::: MENU ::::

Selamat datang di Weblog pribadi saya. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat ya kawans!

  • Apakah Saat Ini Indonesia Siap Menjadi Pemain Utama Pada Industri Mobil Listrik Nasional?

  • Kontroversi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Di Indonesia

  • Harga BBM Naik: Inilah Alasan Kenapa Subsidi BBM Harus Dikurangi

  • 6 Hal Yang Terjadi Jika Kita Mengaktifkan Energi Nuklir Di Indonesia

  • 7 Sumber Utama Energi Masa Depan

  • Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Program Listrik 35000 MW Era Pak Jokowi

  • Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Efektif Jika Diterapkan Di Indonesia?

Jumat, 04 September 2015


Translated in Bahasa / Diterjemahkan :

Pertama, Motivasi saya dalam membuat video ini adalah untuk melihat kemajuan saya berlatih parkour dalam beberapa tahun ini, dan juga membujuk semua praktisi parkour untuk menjaga nilai-nilai utama/pokok pada parkour. Di video ini saya tidak memiliki niat untuk pamer ataupun membuat diri saya menjadi terkenal. Karena saya tidak ingin begitu.

Kedua, Pada pertengahan tahun 2009 saya mengalami cedera lutut yang disebabkan oleh terlalu seringnya saya melakukan lompatan-lompatan besar, meskipun  kondisi fisik saya saat itu masih belum siap menerima beban lompatan yang besar. Hampir tiga bulan lamanya saya tidak dapat berjalan dengan normal. Kemudian saya menghabiskan banyak waktu saat itu untuk intropeksi diri.

- Apa tujuan saya berlatih parkour?
- Apakah cedera ini membuat saya menyerah untuk kembali latihan parkour?

Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya yang saya pikirkan sewaktu itu. Setelah saya mendapatkan jawaban-jawabanya, saya memutuskan untuk tetap latihan parkour. Ketika itu saya mencoba bersepeda kemana-mana, berenang, menguatkan otot tubuh bagian atas, kedua otot kaki, dan saya juga mengkonsumsi nutrisi-nutrisi untuk mempercepat penyembuhan lutut kanan saya yang cedera. Masukan-masukan itu saya dapatkan dari hasil diskusi dengan Stephane Vigroux dan Emon a.k.a Edmund Solaiman di Forum Parkour Indonesia dan Facebook. Terima kasih banyak kepada mereka atas saran dan masukannya saat itu. Semua masukan tersebut sangat banyak menolong agar kondisi cedera saya segera membaik. Materi lainnya saya dapatkan dari browsing internet. 

Yeah, saya merasa kesulitan melakukan semua itu pada awalnya. Tapi dengan semangat yang kuat, akhirnya saya dapat melakukan Running, Precision Jump, General Landing dan gerakan-gerakan dasar parkour lainnya. Saya sangat menikmati kemajuan latihan sekecil ini...

Ketiga, Setelah kondisi lutut kanan saya membaik dalam waktu 3 bulan. Saya tetap fokus berlatih menguatkan seluruh otot bagian tubuh dengan latihan fisik berupa "Strength and Conditioning" atau bisa disingkat SnC. Saya juga mencoba menghindari melakukan lompatan-lompatan besar, dropping dan gerakan-gerakan lainnya yang akan memperparah kondisi lutut saya dalam beberapa tahun setelah cedera saya kondisinya membaik.

Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman JUMPalitan (Parkour Yogya) yang selalu memotivasi dan mendorong "artian positif" kepada saya dalam berlatih parkour. 

Terima kasih juga kepada kalian semua yang telah menganggap saya bagian dari keluarga kalian.

Sekedar informasi, saya tidak pernah pergi ke dokter untuk memeriksa kondisi cedera lutut yang saya alami, karena saat itu saya tidak memiliki cukup uang dan saya juga menyadari bahwa dokter kemungkinan akan menganjurkan saya untuk berhenti latihan parkour dengan alasan agar tidak memperburuk kondisi cedera lutut saya.

Dengan kesabaran dan melakukan banyak sekali repetisi gerakan-gerakan parkour. Lalu saya juga mencoba melakukan tiap-tiap gerakan itu dengan cara yang benar, walaupun gerakan itu belum dilakukan secara sempurna. Saya merasa bahwa sekarang lutut saya kondisinya telah membaik dan malah terasa bertambah kuat karena hasil dari kesabaran dan disiplin dalam me-repetisi gerakan-gerakan parkour tadi.

Yeah, saya masih butuh latihan lebih banyak lagi...

Selamat menonton!

Musics by:
Green day - Poprocks & Coke
Angels & Airwaves - Lifeline
Carla Bruni - Quequ'un M'a Dit
Wolfmother - Vagabond

Edited by :
Rakhmat

Supported By:
www.facebook.com/JUMPalitan
www.facebook.com/parapembelakebenaran
www.twitter.com/parkouryogya
www.twitter.com/mat_rakhmat
www.instagram.com/rakhmat.setiawan

0 komentar:

Posting Komentar

Rakhmat's Home Enjoy!