:::: MENU ::::

Selamat datang di Weblog pribadi saya. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat ya kawans!

  • Apakah Saat Ini Indonesia Siap Menjadi Pemain Utama Pada Industri Mobil Listrik Nasional?

  • Kontroversi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Di Indonesia

  • Harga BBM Naik: Inilah Alasan Kenapa Subsidi BBM Harus Dikurangi

  • 6 Hal Yang Terjadi Jika Kita Mengaktifkan Energi Nuklir Di Indonesia

  • 7 Sumber Utama Energi Masa Depan

  • Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Program Listrik 35000 MW Era Pak Jokowi

  • Apakah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Efektif Jika Diterapkan Di Indonesia?

Sabtu, 21 Mei 2016

Apabila kalian seorang MAHAsiswa, dan kalian ingin menjadi seorang pemimpin. Maka kuliah-pulang-kuliah-pulang (kupu2) bukanlah pilihan yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin hebat dimasa depan. Karena untuk menjadi pemimpin sejati setidaknya kalian harus memiliki beberapa kemampuan dasar dalam leadership seperti yang akan saya share dibawah ini:

1. Time management skills


Kunci dalam Time Management Skills adalah mengerti perbedaan antara ‘Important’ dan ‘Urgent’. ‘Urgent’ adalah suatu kegiatan yang membutuhkan respon yang cepat, tapi jika kita merespon ataupun tidak maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang besar. Contohnya: Jika ada panggilan telepon, apabila kita tidak mengangkatnya maka tidaklah menjadi masalah besar.

‘Important’ adalah suatu aktivitas dimana apabila kita melakukan atau tidak melakukan aktivitas tersebut maka tetap akan memiliki dampak yang besar untuk dirimu atau orang lain. Contohnya: pergi ke dokter gigi adalah ‘Important’ karena jika tidak pergi maka kita akan terkena penyakit pada gusi atau gigi.

#Memprioritaskan Waktu

Setelah kita mengerti tentang hal-hal yang berkaitan dengan ‘Important’ dan ‘Urgent’, maka kita juga perlu memberi prioritas pada waktu yang kita miliki. Caranya adalah dengan membuat semacam daftar dari tugas-tugas yang sekiranya membutuhkan perhatian penuh atau tidak. Beberapa tugas mungkin harus diselesaikan dalam waktu yang singkat, tapi juga ada tugas yang bisa diselesaikan kemudian hari. Intinya adalah kalian harus menyelesaikan tugas-tugas yang deadlinenya singkat dalam hal ini tugas-tugas ‘Important’, baru kemudian menyelesaikan tugas lainnya.

#Hilangkan Sifat Menunda Pekerjaan

Sifat Menunda adalah salah satu sifat yang sangat mengurangi produktivitas. Sifat ini dapat membuat kita membuat banyak waktu penitng dan energi. Sifat Menunda ini harus dihindari bagaimanapun caranya. Ingat, sekali kamu menunda pekerjaan.. rasanya kamu akan menunda pekerjaan-pekerjaan lainnya. Iya, menunda adalah salah racun yang perlu kita buang dari sifat kita.

#Hindari Multitasking

Sebenarnya menjadi seorang yang Multitasking tidaklah salah, jika kamu memang seorang yang disiplin. Tapi bagi kalian yang masih belajar menjadi disiplin, disarankan untuk tetap fokus saja dengan pada satu tugas. Karena Multitasking bukannya akan memberi efisiensi waktumu, tapi malah akan membuat kamu stress dan kehilangan kualitas dari apa yang kamu kerjakan.

#Rehat Dan Nikmati Hidupmu

Jika kamu memiliki jadwal yang padat, maka cobalah untuk istirahat selama 10-15 menit. Terlalu banyak pikiran akan membuatmu kekurangan produktivitas. Olahraga, Hangout, Mendengarkan Musik, Mengaji, Stretching merupakan hal yang tepat dilakukan jika kamu sudah lelah dari segala aktivitasmu. Jangan lupa untuk meluangkan waktumu juga untuk bersama teman-teman dan keluargamu. Jika dirasa kamu sudah fit kembali, maka kamu akan memiliki energi lebih untuk mengerjakan tugas-tugasmu.

2. Conceptual skills

Untuk bisa memiliki ‘Conceptual Skills’ seorang MAHAsiswa harus dapat menjelaskan ide-ide kreatifnya dan mengaitkan idenya tersebut dengan ide-ide kreatif lainnya. Memang, untuk memiliki kemampuan ini kita harus menjadi ‘Pintar’. Namun, MAHAsiswa yang ‘Kurang Pintar’ pun bisa memiliki kemampuan ini dengan cara memahami teman-temannya secara efektif. Maksudnya dia memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan suatu organisasi ataupun kepanitiaan yang diikuti secara keseluruhan dan akhirnya dapat mengembangkan ide-ide untuk memajukan organisasinya tersebut yang didapatkan dari hasil ‘brainstorming’ setiap element organisasi. 

Maka untuk dapat memiliki kemampuan ini seorang MAHAsiswa haruslah ‘Open Mind’ dan terbuka dengan siapapun. Karena dengan memahami lingkungan sekitarnya, orang yang memiliki kemampuan ini dapat mengerti bahwa dengan adanya perbedaan ide kita dapat memiliki hubungan yang komplementer yaitu hubungan yang saling melengkapi dan mengisi satu dengan yang lainnya.

3. Technical skills

MAHAsiswa yang ingin memiliki kemampuan ini harus mengerti segala proses fisik suatu aktivitas secara nyata. Contohnya jika MAHAsiswa terlibat didalam suatu kepanitiaan dan kemudian masuk kedalam divisi ‘Perlengkapan’ maka MAHAsiswa ini harus mengerti bagaimana caranya mengimplementasikan penataan panggung, mengatur kinerja vendor, memastikan kondisi soundsystem dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan setting perlengkapan. 

Kemudian untuk melatih kemampuan ‘Technical Skills’ seorang MAHAsiswa haruslah sering-sering terjun ke lapangan dalam setiap aktivitas tanpa hanya mengandalkan konsep saja. Seorang MAHAsiswa harus mengerti keadaan lapangan secara nyata dan kemudian dapat melakukan perbaikan yang diperlukan. Sehingga ‘Technical Skills’ yang dimilikinya ini dapat dia terapkan di dunia kerja kedepannya dan membantunya untuk melejit menjadi seorang pemimpin yang mumpuni dan dikagumi karyawan lainnya didalam perusahaannya.

4. Human Relation Skills

Bisa disebut juga sebagai ‘interpersonal skills’, adalah kemampuan seorang pemimpin yang dapat beriteraksi dengan baik ke setiap orang. Pada dasarnya, tidak ada satupun karyawan yang enjoy dan betah bekerja bersama dengan sosok pemimpin yang kejam dan tidak memberikan toleransi dalam pekerjaan. Maka sosok pemimpin yang tidak memiliki ‘interpersonal skills’ yang baik dapat mengurangi baik itu moral dan produktivitas pada setiap karyawanya. Sebaliknya, sosok pemimpin yang memiliki ‘interpersonal skills’ yang baik  maka dia dapat menularkan positive attitudes dan keinginan yang kuat untuk meningkatkan produktivitas baik dirinya dan juga untuk karyawanya. Dalam lingkungan bisnis, sangat penting sekali untuk bekerja secara efektif dengan rekan kerja kita, bawahan maupun dengan bos kita karena dengan adanya kemampuan komunikasi yang efektif dan kolaborasi yang baik dapat memberi dampak meningkatnya produktivitas. Maka seorang MAHAsiswa perlu juga mengasah kemampuan ini dengan cara menjaga hubungan baik dengan setiap elemen di kampus. 

Bisa saja menjaga hubungan yang baik dengan para dosen, cleaning service dan semua warga kampus. Jika memnag pada kenyataanya si MAHAsiswa ini dihadapi dengan konflik, maka dia harus tahu caranya ‘conflict management’ yaitu bisa dengan cara Musyawarah mufakat, memberikan ide win-win solution dan tentunya tidak berat sebelah dalam problem solving. Insya Allah dengan dilatihnya kemampuan ‘interpersonal skills’ ini akan membuat kita dapat menjalani dengan enjoy hidup yang terasa sulit.

5. Decision Making Skills

Nah ini adalah kemampuan dasar terakhir yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Memang tidak mudah untuk memiliki kemampuan ini, karena perlu latihan ‘Trial’ dan ‘Error’ dalam setiap pengambilan keputusan. Tapi seorang MAHAsiswa setidaknya mengerti dahulu konsep ‘Decision Making Skills’ dan tidak asal-asalan mengambil keputusan. Intinya adalah dalam ‘Decision Making Skills’ kita akan menyelesaikan masalah dengan melakukan seleksi dari salah satu tindakan atau lebih dari berbagai macam alternatif yang ada. Hampir disetiap ‘Decision Making’ mengakibatkan adanya konflik dan ketidakpuasan pada seseorang. 

Hal yang tersulit adalah menentukan pilihan yang memiliki banyak hasil positif ketimbang kerugiannya. Maka, seorang MAHAsiswa perlu tahu kemampuan ini dan ketika kelak telah mengambil keputusan setidaknya dia bersedia menerima konsekuensi yang ada. Ini merupakan satu-satunya cara agar MAHAsiswa dapat mengontrol waktu, kesuksesan dan kehidupannya sepenuhnya. Jika MAHAsiswa ingin melatih ‘Decision Making Skills’ inilah tips yang dapat kalian lakukan:
  1. Mengindentifikasi tujuan dari keputusanmu. Apa sih masalah yang harus kalian selesaikan? Kenapa masalah itu perlu di selesaikan?
  2. Mencari informasi. Faktor-faktor apa saja yang terlibat dalam suatu masalah?
  3. Mengidentifikasi prinsip-prinsip untuk menilai suatu alternatif. Apa standar penilaian kriteria yang sebaiknya ada pada suatu solusi?
  4. Brainstorm dan membuat daftar pilihan yang berbeda-beda. Menghasilkan ide-ide untuk setiap kemungkinan solusi yang tersedia.
  5. Mengevaluasi setiap pilihan dalam hal konsekuensinya. Gunakanlah standar penilaian kriteria untuk menentukan alternatif baik itu menghasilkan kontra maupun pro.
  6. Tentukan alternatif terbaik. Ini akan menjadi langkah mudah ketika kamu sudah menyelesaikan step-step sebelumnya.
  7. Ambil keputusan dan jadikan kepetusan tersebut menjadi sebuah action. Ubahlah keputusanmu menjadi specific plan dari setiap action steps. Lalu laksanakan perencanaanmu.
  8. Mengevaluasi hasil dari keputusan dan tindakan dari langkah-langkah yang kamu lakukan. Apa pelajaran yang bisa diambil? Ini merupakan langkah yang penting untuk pengembangan yang lebih jauh lagi dari ‘Decision Making Skills’.
Maka dalam kehidupan sehari-hari kita pernah dituntut untuk melakukan keputusan secara cepat ‘fast decision’, dengan tidak adanya waktu yang cukup untuk melakukan step-step yang saya share diatas. Maka dalam kondisi seperti ini langkah yang peling efektif dilakukan oleh kita adalah dengan terus fokus pada tujuanmu dan kemudian biarkan intuisimu yang mengantarkanmu pada pilihan yang tepat. 

Seperti yang saya bilang sebelumnya, dalam “Decision Making Skills’ seorang MAHAsiswa perlu melakukan ‘Trial’ dan ‘Error’ sampai dia memiliki intuisi yang kuat dalam merespon ‘fast decision making’. Sehingga dengan melatih semua kemampuan dasar yang saya sebutkan diatas. Seorang MAHAsiswa akan menjadi pemimpin yang tangguh, kuat, konsisten dan berpengaruh kedepannya.

Apakah kamu sudah memiliki kemampuan-kemampuan dasar yang sudah saya sebutkan diatas? 

Atau masih nyaman dengan kuliah-pulang-kuliah-pulang? 

It’s your own choice!

You must be willing to take the consequences.

3 komentar:


  1. Halo,
    Saya Puan Maggie Zeko, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan anda peluang pinjaman masa hayat. Adakah anda memerlukan pinjaman segera untuk membayar hutang anda dan memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda? Adakah anda telah ditolak oleh bank dan institusi kewangan lain? Adakah anda memerlukan pinjaman penyatuan atau pinjaman gadai janji? Sesuatu yang lebih? kami berada di sini untuk menamatkan semua masalah kewangan anda. Kami memberi pinjaman kepada orang yang memerlukan bantuan kewangan, dan mereka yang memerlukan wang untuk membayar bil mereka dan melabur dalam perniagaan. kadar faedah kami ialah 2%, dan saya ingin menggunakan medium ini untuk memaklumkan kepada anda bahawa kami boleh memberikan bantuan yang boleh dipercayai dan berfaedah dan bersedia menawarkan pinjaman kepada anda. Jadi sila hubungi kami melalui e-mel di:
    maggiezeko@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kabar baik!
    Nama saya LISA PAUL, warga negara INDONESIA, saya tinggal di Jl. A. Yani No.2, Kayuringin Jaya, Sel Bekasi, Kota Bks, Jawa Barat 17144. Kota ini merupakan kota jawa barat. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi nasehat konkret kepada seluruh warga negara Indonesia yang sedang mencari pinjaman online agar sangat berhati-hati karena internet penuh penipu, kadang kala saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya yang buruk. statusnya, situasinya tidak begitu bagus dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Iran dan Singapura. Saya hampir meninggal, sampai seorang teman saya memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Madam. SUSAN MICHEAL, pemilik sebuah organisasi peminjaman global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah hidup seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Madam. SUSAN MICHEAL telah mentransfer pinjaman itu kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Jadi untuk pekerjaan yang baik madam. SUSAN telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang MADAM. SUSAN, jadi orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi MADAM SUSAN melalui email: (susanmichael072@gmail.com)

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya :( lisapauly030@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Esa terus memberkati MADAM SUSAN atas pekerjaan baiknya dalam hidup dan keluarga saya.

    BalasHapus
  3. Adakah anda memerlukan pinjaman segera ??? Adakah anda dalam hutang? Adakah anda mempunyai kredit yang buruk? Adakah anda telah dinafikan oleh bank, adakah anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan anda sendiri?
    berjumpa dengan SYARIKAT PINJAMAN PATRICIA CLARKSON Kami memberi pinjaman kepada Rakyat walaupun skor kredit buruk / buruk mereka. Kami memberi pinjaman jangka panjang dan perniagaan jangka pendek peribadi anda
      dan pinjaman peribadi dengan kadar faedah yang rendah pada 2% setahun untuk individu dan syarikat. Pengaturcara pinjaman kami pantas dan boleh dipercayai, yang diguna pakai hari ini
    dan menerima respons segera kami. peminjam yang diinsuranskan dengan baik, dijamin Jaminan 100% dan maksimum Pelanggan dijamin. Untuk pertanyaan lanjut hubungi kami
    melalui alamat e-mel kami: (PATRICIACLARKSONLOANCOMPANY@GMAIL.COM) dan dapatkan pinjaman anda hari ini.
    Puan. PATRICIA MD / CEO

    BalasHapus

Rakhmat's Home Enjoy!